Saturday, May 8, 2010

Kenapa Harus Malu????


Aku heran, kenapa banyak sekali orang yang malu akan sesuatu yang dilakukannya, padahal hal tersebut bukan hal yang memalukan.
Beberapa hari yang lalu, aku nelpon ke rumah temenku (sebut aja A), mo nanyain masalah materi. Kira-kira begini awal percakpannya:
Mamanya A : Halo
Aku             : Halo, malem tante. A nya ada?
Mamanya A : Dari siapa ini?
Aku             : Ini Angie, tante.
Mamanya A : Oh Angie. Bentar ya Gie. A....  Bentar ya Gie, A lagi di bawah, biasa... kalo jam  segini kerjannya nonton sinetron mulu.
Aku             : Oh iya tante, gak papa.
A                 : Halo, kenapa Gie?
Aku             : Lagi nonton sinet ya? sinet apaan?
A                 : Oh...enggak kok...gak nonton apa-apa. tadi lagi maen game di komputer kok.
Aku             : Ooooo.... Kirain lagi nonton sinetron.
A                 : Ya enggak lah...ngapain nonton sinetron.
Aku             : Hehehehe... eh A, aku mo nanya nih soal ketikan kamu kemaren...
Ada satu contoh lagi. Temenku ini (B) bilangnya gak suka sinetron, katanya norak lah, gak keren lah, atau apalah itu istilahnya. Nah suatu hari pas kita lagi jalan, dia liat baju yang dipake salah satu pemain sinetron. Kira-kira gini percakapannya:
B         : Eh gie, ini kan baju yang dipake si Z kemaren di sinetron Anu semalem.
Aku     : Z siapa? 
B         : Si Z, yang jadi X di sinet Anu semalem... Liat deh... persis sama!!
Aku     : Oooh... iya ya?? 
B         : Iya. Coba ah....
Aku      : (Iseng nanya) Eh, katanya kamu gak suka sinet, kok bisa tau pemainnya pake baju apa?? trus tau juga dia meranin siapa di sinet itu.
B          : Eh... bukan.... aku tuh bukannya nonton, cuman liat bentar doang kok...
Aku      : Ya sama aja.... liat kan artinya nonton.
B          : Enggak..bukan nonton... semalem tuh pas ....
Aku       : Ya gak papa sih kalo nonton juga. Gak ada salahnya kan nonton sinetron??
B          : Iya, tapi sumpah kok semalem tuh...
Aku       : Ya udah deh.... cepetan gih dicobain bajunya...
Kira-kira gitu deh percakapannya. Kenapa temen-temenku itu gak mau mengakui kalo mereka emang suka sinetron? Malu kah??? Kenapa harus malu?? Bukan temenku aja yang begini. Aku lihat di forum-forum juga sama. Banyak yang bilangnya anti sinetron, tapi tau banget ceritanya gimana, yang katanya ceritanya gaje lah, dll dll. Gak suka tapi tau, gimana caranya tuh???
Emangnya nonton sinetron itu memalukan? memalukan dari segi apa?  Aku emang bukan penggemar sinetron, tapi kadang-kadang aku juga suka nonton, walaupun gak ngikutin ceritanya. Kalo misalnya lagi iseng di depan tipi, dan pas ada sinetron, kadang-kadang aku nontonin juga, meskipun aku gak tau ceritanya. Tapi seandainya ada yang tau kalo aku nonton sinetron, sama sekali aku gak malu. Kenapa harus malu??? emangnya aku nontonnya numpang di tipi tetangga?? 
Kadang-kadang kalo ceritanya seru atau bahkan konyol pun, aku suka ngomong ke temenku "eh semalem km liat sinet ini gak? lucu deh si itu maennya..." atau "Eh semalem aku kan nonton sinet itu, gile...gak masuk akal banget ceritanya, masa' bla..bla...bla... ". Ada beberapa temenku yang nanggepin dengan pandangan merendahkan "Kamu suka nonton sinet ya??", ya aku jawab "Suka sih gak suka-suka banget, tapi kalo pas buka tipi dan ada sinet, kadang-kadang aku tontonin juga. Ada yang aneh??"
Selain sinetron, orang-orang juga kadang-kadang malu mengakui tentang kegemarannya akan lagu. Seperti yang kita tau, sekarang ini banyak banget istilah band/lagu alay dimana-mana. Bilangnya "sorry ya...gak level dengerin band anu, norak...alay...maho....", tapi diem2 ketahuan lagi donlot. Bilangnya gak suka, tapi keceplosan nyanyiin atau bersenandung lagu tersebut. Kalo ditanya, alasannya "Gak kok....gak suka....tadi cuman iseng aja" atau "bukannya suka, tapi tadi ada yang muter tuh lagu, jd ikutan nyanyi deh"
Mungkin yang membuat seseorang itu malu mengakui kalo dirinya suka  sinetron atau lagu yg katanya alay itu adalah, hinaan yang dilontarkan orang-orang disekitar kita. Hinaan "kamu suka sinetron? norak banget sih" atau "kamu suka band anu?? band alay itu? najis deh..dasar alay" akan membuat seseorang malu untuk mengakui kalo dia suka. Hinaan itu akan membuat seseorang merasa rendah diri dan takut untuk mengakuinya di depan teman-temannya.
Jika seandainya kamu gak suka sinetron, lantas apakah orang-orang yang suka sinetron itu salah? Norak? Alay? Seandainya kamu gak suka musik anu, lantas apakah itu artinya orang-orang yang suka sama musik itu jelek? Najis? Norak? Alay?
Selera orang itu berbeda-beda. Jika selera kita berbeda dengan orang lain, bukan berarti kita berhak untuk mengatakan kalo selera kita yang keren dan menghina selera orang lain dengan sebutan norak, najis, kampungan, dan alay.
Alay. Aku terus terang masih bingung sama istilah ini, apa artinya, darimana datangnya dan siapa yang menciptakannya, dan juga siapa yang berhak menentukan apakah lagu/sinet ini alay dan lagu/sinet itu bukan alay. Aku gak ngerti. Apakah aku termasuk alay? Entahlah.

20 comments:

netmild said...

wakakaka ternyata suka sinetron ya...wah wah

lina smart said...

bener kak kadang orang emang menutupi sesuatu yang gimana gitu mungkin juga saya termauknya kak

richoyul said...

gengsi kadang kali yah, tapi sinetron kan not a crime klo suka ga usah malu. paling2 cuma di ledekin duang sama orang yang ga suka sinetron, yang penting biarpun aja heheh

Clara said...

aha! bener mbak
banyak org yg seperti itu demi gengsi
tapi kalo sinet sih, meski ga demen aku aja sering nonton XD abis memang kalo bete dan pas nonton tipi isinya begitu semua. lagipula kadang bisa buat lucu"an pas beberapa adegan yg terkadang lebay XD

vamos angie said...

@Netmild: Gak suka-suka banget sih, tapi kadang-kadang suka nonton juga, hehehe Kenapa musti malu kalo emang suka, ya gak?? hehehe

@Lina: Yup....seharusnya yang ditutupin tuh aib, sedangkan nonton sinetron kan bukan aib, kecuali nontonnya di rumah tetangga dan gak bilang2 lagi, hehehehehehe.....

@Richo: Yup, gengsi yang gak jelas... ngapain juga harus gengsi kan??

@Clara: Heheheheeh iya, kan lumayan tuh buat hiburan...hehehehhe...

lina smart said...

iya betul kak seharusnya yang ditutupi aib, oia makasih ya kaka aku udah follow balik

Anton said...

Anggie suka nonton sinetron juga ya,heheee

Pencari makna said...

Kalau ada waktu luang,kenapa tidak,kenapa harus malu nonton sinetron.

Newsoul said...

Alay itu apaan sih Gie....? hehehe

elok langita said...

^_____^ mendingan nonton drama koreanyaa dari pada sinetron indonesiaa,,hahhaaa....

hallo mba cantik.. pa kabar?maaf mba baru bisa berkunjuung , maaf yah mba baru bisa comment,

^____^

happy weekend, have a nice day..HAPPY BLOGGING!!

vamos angie said...

@Lina: iya sama2... :)

@Anton: suka sih kadang2 kalo pas buka tipi ada sinet dan lagi gak ada kerjaan... hehehehe

@Pencari makna: Setuju! hehehehe :)

@Mbak Elly: Nah....aku juga bingung tuh mbak artinya apa, siapa yg nyiptainnya, siapa yg mutusin apakah sesuatu itu alay or bukan....dll dll...hehehehe

@Elok: Kadang2 aku juga suka nonton korea... Pada dasarnya aku tuh gak hobi2 banget nonton, baik itu film/drama/sinetron, tapi kalo pas lagi ada, ya aku tontonin, tapi kalo gak ada juga gak dicari2...hehehehehehe...

Have a nice weekend n happy blogging juga buat semuanya :)

ariefborneo said...

Kunjungan perdana...slam nal z

vamos angie said...

@Arif: Hai... salam kenal juga....
makasih dah berkunjung...
ntar aku kunjungi balik :)

AeArc said...

sinetron? apaan yahh? -_-"

vamos angie said...

@AeArc: nama kue tuh... :p

Anonymous said...

tes

fansbook said...

ternyata suka ama sinetron juga..... ^_^

vamos angie said...

@Fansbook: Kadang2 suka nonton juga walopun gak bener2 ngikutin, hehehehe....

Just like what I've said above, kalo pas buka tipi ada sinetron, ya kadang2 aku tontonin, tp kalo gak ada juga gak dicari2...hehehehe....

ariefborneo said...

Kunjungan malam...wah hoby sinetron ya mba..??
W mw ijin follow y mba...n follow blik y mba biar tmbh rame euy...thnxs

vamos angie said...

@Arif: Oke...oke... :13
Hohoho.... udah keberapa kali nih aku jelasinnya yah....hehehehhe... hobi tuh enggak, cuman kalo ada, kadang2 ya aku tontonin... :42